Cara Membuat Bunga dari Sedotan – Siapa yang menyangka dari tangan seorang seniman, sebuah sedotan yang biasanya hanya dipakai untuk menyeruput minuman bisa menjadi sebuah karya seni yang sangat keren? Sedotan plastik hanya sekali pakai dan kemudian di buang ternyata dapat menjadi kerajinan tangan yang bisa menghias rumah menjadi lebih berwarna.

Daripada harus membuang sampah sedotan plastik bekas, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah karya yang keren untuk mempermanis tampilan rumah kamu. Kamu juga tidak usah repot untuk merawatnya karena bunga ini tidak membutuhkan perawatan dan tidak akan pernah layu.

Cara membuat bunga dari sedotan pun mudah. Selain mudah, kamu bisa mengembangkan banyak sekali jenis bunga dengan hanya berbahan dasar sedotan plastik. Kamu bisa membuat bunga anggrek, matahari, sakura, dan masih banyak lainnya. Langsung saja simak di bawah ini.

Cara Membuat Bunga dari Sedotan Menjadi Teratai :

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Bunga Teratai yaitu bunga yang hidup di perairan yang tenang. Tanaman ini cuma ada di permukaan air yang datang dari rizoma dan berada di dalam lumpur pada dasar kolam. Tanaman bunga teratai ini dapat ditemukan di beberapa tempat seperti di danau atau sungai yang memiliki aliran yang tenang. Bunga teratai tersebut menjadi sebuah ide untuk dijadikan kerajinan berbentuk bunga teratai dari sedotan.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sedotan baru maupun bekas (warna selera masing-masing)
  • Kelopak serta putik bunga
  • Gunting
  • Kawat
  • Jarum suntik digunakan untuk melubangi

Cara Membuat Bunga dari Sedotan Menjadi Teratai :

  1. Untuk satu bunga teratai diperlukan sejumlah 12 batang sedotan, setiap sedotan dibagi jadi 4 sisi.
  2. Kemudian gunting dari bawah pangkal dengan besar 2/3 dari lebar sedotan. Dan di bagian ujung sedotan digunting membentuk lancip yang panjangnya kurang lebih 1/3 panjang sedotan yang sudah dibagi jadi 4 sisi tadi. Ujung sedotan itulah yang digunakan sebagai patokan panjang untuk yang lainnya agar sama panjang.
  3. Bukalah guntingan sedotan yang sudah dibentuk kelopak bunga tadi kemudian lipat keluar mengikuti garis sedotan. Lipat balik lagi sisi pangkal dari kelopak bunga (hanya sisi pangkalnya kurang lebih 1/3 dari pangkal kelopak).
  4. Berikutnya tusuk bagian pangkal sedotan satu persatu sampai rapat.
  5. Kemudian masukkan kawat dari ujung jarum yang berlubang.
  6. Pindahkan kelopak yang sudah ditusuk dengan kawat serta lakukan bagian ini sampai semua kelopak pindah ke kawat.
  7. Kemudian ikat kelopak itu dengan melingkarkan beberapa kali satu segi kawat yang lain, lalu diserut sampai kelopak-kelopak itu menjadi satu.
  8. Terakhir tambahkan putik di bagian atas dan kelopak di bagian bawah bunga.

Cara Membuat Bunga dari Sedotan Menjadi Tulip :

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Bunga Tulip adalah satu dari tanaman tahunan berumbi yang datang dari Asia Tengah. Tanaman ini memiliki tinggi 10-70 cm. Negara yang populer dengan bunga tulip ini yaitu Belanda.

Bunga tulip ini juga bunga nasional Turki serta Iran. Bunga tulip hasil dari persilangan ini menghasilkan beberapa warna yang diantarnya ada warna merah, kuning, oranye, serta macam-macam jenis warna lainnya.

Dan saat ini banyak yang terinpirasi untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bunga tulip ini. Salah satunya adalah bunga tulip dari sedotan.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Gunting
  • Jarum
  • Kawat
  • Sedotan
  • Kelopak
  • Putik
  • Daun

Cara Membuat Bunga dari Sedotan Menjadi Tulip :

  1. Untuk membuat satu tangkai bunga tulip diperlukan minimal ada 3 batang sedotan plastik.
  2. Satu batang sedotan dilipat jadi tiga sisi, setelah itu 1/3 sisi dari batang yang sudah dilipat digunting. Sisa dari potongan itu akan digunakan.
  3. Lantas lipat jadi dua sisi.
  4. Gunting di bagian segi kanan serta kiri tepat di bagian yang terlipat.
  5. Jika sudah di gunting di bagian tengah akan tampak berlubang.
  6. Pipihkan sedotan dengan mensejajarkan dengan lubang, lantas gunting segi yang lebih pendek dengan menyisihkan setidaknya ½ cm dari lubang yang sudah di buat.
  7. Setelah itu lipat sedotan membalik.
  8. Berikan guratan dengan menghadap ke luar dari arah dalam hingga sedotan agak melengkung ke dalam.
  9. Buat tiga kelopak bunga.
  10. Masukkan ketiga kelopak tadi ke dalam putik secara seling-seling dan tutup dengan kelopak sisi bawah.
  11. Step paling akhir yakni tambahkan tangkai bunga tulip serta selesai, selamat mencoba.

Itulah cara membuat bunga dari sedotan, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mencacah sampah plastikmu. Kamu juga bisa tau cara membuat bunga dari plastik dengan sangat simpel. Selamat mencoba!