Cara Membuat Bubuk Jahe Merah-Ternyata membuat jahe bubuk instan sendiri di rumah sangatlah mudah. Rasa pedas itu yang terdapat dari kandungan jahe merah membuat badan menjadi lebih hangat.

Jika ingin lebih mantap lagi bisa menambahkan 1 sendok Jintan Hitam atau Habbatussauda dan Secang ketika proses pemasakan sehingga akan menambah khasiat pada jahe merah tersebut.

Apabila kalian tidak mau di repotkan ke dalam cara membuat Jahe Merk Azwa kalian perlu mencoba Bubuk Jahe Merah Murni yang sudah di padukan dengan rempah-rempah yang akan menambah manfaat pada jahe tersebut. Selain memdapatkan rasa yang nikmat itu, Anda pun juga akan mendapat manfaat yang luar biasa dengan mengkonsumsi jahe bubuk.

1.Cara Membuat Bubuk Jahe Merah

cara membuat jahe

Bahan-Bahan:

  • 1 kg jahe
  • 2 kg gula
  • 200 ml Air putih

Cara Membuat Bubuk Jahe Merah:

  1. Jahe merah dicuci hingga bersih kemudian dipotong kecil-kecil.
  2. Masukkan  ke dalam blender serta beri air, Sehingga dapat di peroleh ke parutan jahe itu. (Jahe juga dapat diparut menggunakan parutan manual).
  3. Saring air jahe merah itu dari parutannya.
  4. Air perasan jahe dimasukkan ke dalam wajan serta di tambah dengan gula lalu panaskan dengan api sedang. Air perasan jahe itu terus di aduk.
  5. Setelah air jahenya itu mendidih, Lalu kemudian kecilkan apinya sambil di aduk terus hingga mengental.
  6. Apabila sudah mengental maka jahe itu sudah hampir jadi. Terus aduk hingga di peroleh serbuk jahenya.
  7. Serbuk jahenya siap di ayak untuk mendapatkan ukuran serbuk yang kecil-kecil.
  8. Serbuk jahe siap di kemas serta bisa langsung di seduh menggunakan air panas.

Tanaman jahe ini telah lama dikenal baik di Indonesia ini. Penggunaan jahe sangat luas untuk dimanfaatkan sebagai bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula dan sebagai minuman. Jahe juga di gunakan sebagai industri Obat, Minyak wangi dan industri jamu tradisional. Jahe muda ini biasa di makan sebagai lalap. Karena dapat memberikan efek hangat di perut, maka jahe digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng, dan sirup.

Sebagai tanaman herbal Jahe telah lama digunakan diberbagai negara seperti Cina, India, Arab dan Indonesia untuk mengobati penyakit seperti flu, sakit kepala, demam, mual dan rematik. Berdasarkan ukuran bentuk dan warna  ada tiga jenis jahe yang dikenal yaitu jahe gajah atau jahe besar, jahe putih atau jahe emprit dan jahe merah atau jahe sunti.

Jahe merah ini merupakan salah satu spesies jahe yang tersebar di wilayah Indonesia. Jahe merah cara morfologi mirip dengan jahe biasa, tetapi rimpang dari jenis ini lebih kecil dan rasanya lebih pedas, berwarna merah di luarnya dengan kuning hingga merah muda di bagian dalamnya. Banyak jahe yang di sebut di gunakan sebagai makanan dan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Ini jahe dapat di buat menjadi bermacam-macan produk. Olahan jahe seperti minyak atsiri serta serbuk jahe. Kandungan minyak atsiri jahe merah mencapai maksimal (0,82%) pada usia panen 7 bulan, dengan kandungan utama geranil asetat. Sementara pada usia panen 8 dan 9 bulan, komponen minyak atsiri utamanya adalah citral.

Diantara ketiga jenis jahe, jahe merah lebih banyak digunakan sebagai obat karena mengandung minyak atsiri dan oleoresinya yang paling tinggi, sehingga lebih ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cukup sekian dari kami apabila ada salah kata saya mohon maaf. Dan selamat untuk membuatnya dirumah dan semoga anda menyukainya!