Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat batako manual dengan cepat dan mudah. Mudahnya cara pembuatan serta alat dan bahan material yang sangat mudah didapatkan dimana saja, membuat batako ini dapat diproduksi sendiri dirumah dengan skala industri kecil. Sebelum lanjut ke pembahasan cara membuat batako manual, terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu batako serta kelebihan dan kekurangannya.

 

Apa itu Batako?

Batako adalah bahan material bangunan yang digunakan sebagai pengganti batu bata. Akhir-akhir ini batako menjadi pilihan favorit untuk membangun sebuah bangunan. Selain harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan batu bata, batako juga dapat meningkatkan efisiensi dalam pembuatan suatu bangunan menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah kelebihan batako jika dibandingkan dengan batu bata

 

Kelebihan Batako :

  1. Batako mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan batu bata sehingga dapat mempercepat proses pengerjaan suatu bangunan.

  2. Karena pemasangannya yang lebih cepat maka dapat menghemat biaya pengerjaannya.

  3. Batako dianggap tidak mudah bocor sehingga meminimalisir terjadinya kebocoran pada saat terjadi hujan.

  4. Dinding batako mempunyai kerapatan yang lebih tinggi sehingga mempunyai sifat kedap suara.

  5. Batako mempunyai ukuran yang seragam sehingga terlihat lebih rapi.

    Namun dibalik kelebihannya, ternyata batako juga mempunyai kelemahan.

 

Kelemahan Batako :

  1. Walaupun ukurannya lebih besar, namun dari segi kekokohan batako masih kalah jika dibandingkan dengan batu bata.

  2. Jika digunakan di daerah tropis, batako terasa lebih panas karena mempunyai sifat menyerap panas.

  3. Rongga di tengah batako menyebabkan dinding batako lebih rentan mengalami retak rambut.

 

Cara Membuat Batako Manual

cara membuat batako manual - cara

Baiklah, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat batako manual menggunakan cetakan batako. Sebenarnya proses pencetakan batako dapat juga menggunakan mesin press batako dan paving block. Namun karena harganya yang cukup mahal, maka saya memutuskan untuk membuatnya menggunakan alat pencetak batako manual saja. Sebelum memulai proses membuat batako, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan :

  • Cetakan batako

  • Kotak dari papan untuk adukan

  • Sendok semen

  • Cangkul

  • Sekop

  • Ayakan pasir

  • Ember

  • Plastik

  • Semen

  • Pasir

  • Air

 

Langkah Langkah Cara Membuat Batako Manual :

  1. Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengayak pasir terlebih dahulu. Pastikan pasir terpisah dari kerikil-kerikil besar, serta pasir tidak mengandung lumpur, minyak maupun kotoran. Hal tersebut dapat mengurangi kualitas batako yang dihasilkan.

  2. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan adonan untuk membuat batako. Gunakan sarung tangan plastik agar tangan kamu tidak kotor.

  3. Tambahkan pasir secukupnya kedalam tempat adukan kemudian tambahkan semen secukupnya, aduk hingga merata. Perbandingan yang biasanya dipakai adalah 7 pasir berbanding 1 semen. Namun ukuran itu tidak dapat dijadikan patokan karena tergantung dengan kualitas pasir yang digunakan.

  4. Setelah tercampur rata, bentuklah pasir menjadi semacam gundukan, kemudian beri cekungan di tengahnya (seperti lava pada gunung)

  5. Kemudian tambahkan air secukupnya kedalam cekungan, aduk hingga merata hingga adonan berbentuk pasta namun jangan terlalu encer. Untuk mengetahuinya, coba genggam adonan batako, jika dapat dikepal maka adonan batako siap untuk dicetak.

  6. Diamkan adonan beberapa saat sampai menjadi setengah kering, agar ketika adonan dilepas dari cetakan batako tidak rusak.

  7. Setelah adonan siap, kemudian lanjut ke tahap pencetakan. Siapkan alat-alat yang diperlukan

  8. Rakit-lah cetakan batako letakkan ditempat yang datar, kemudian isilah cetakan tersebut dengan adonan batako sedikit demi sedikit sambil dipadatkan dengan alat pemukul kayu .

  9. Setelah adonan penuh dan padat, balik cetakan secara cepat kemudian lepas cetakan batako secara perlahan. Maka batako akan berbentuk kotak sesuai dengan cetakannya.

  10. Setelah itu tutup batako yang sudah dicetak menggunakan plastik dan usahakan batako terhindar dari matari langsung agar tidak mengalami keretakan.

  11. Biarkan batako mengering selama beberapa hari. Tadaa batako siap digunakan untuk membangun rumah, gedung atau yang lain.

 

Bagaimana, mudah bukan? Kamu dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat batako manual. Proses pembuatan batako yang cukup sederhana membuat siapa saja dapat membuatnya sendiri dirumah. Sekian artikel ini, jangan lupa share yaa, semoga bermanfaat. Selamat mencobaa.