Pada artikel ini saya akan membuat cara membuat bakwan jagung gorengan yang dibuat dari adonan jagung lumat atau paduan tepung terigu, jagung pipil, dan telur. Bumbunya pun beragam, karena kadang ada yang menyajikan bakwan jagung ala jawa timur dengan bumbu pepak (rempah jawa lengkap).

Untuk Anda yang ingin membuat bakwan jagung sendiri, berikut ini beberapa resep sederhana yang bisa Anda praktikkan.

Cara Membuat Resep Bakwan Jagung Crispy Enak Tanpa Tepung Maizena. Lagi malas masak buat hidangan makan malam atau makan siang, tetapi bingung juga nanti anak anak dan suami mau makan apa. Biasanya dilema seperti memang sering menyerang teman teman di rumah. Apalagi kalau siangnya kita kerja atau kebetulan lagi gak punya pembantu di rumah, biasanya kita sudah malas dan capek tetapi kewajiban gimanapun juga harus dikerjakan. Apabila teman teman kebetulan saat ini mengalaminya, kali ini saya akan memberikan cara membuat Bakwan Jagung Enak dan Renyah. Ada banyak variasi resep jagung ini yang kita buat, seperti bakwan jagung dengan maizena, bakwan jagung udang, dadar jagung, bakwan jagung Manado atau dikenal juga dengan perkedel jagung dan yang lainnya.

Pengolahan bakwan jagung

Sebelum kita memulai tips untuk membuat Bakwan Jagung yang enak, renyah dan crispy, sebaiknya teman teman tahu bahwa di masyarkat kita sebenarnya ada 3 macam jenis resep masakan yang menggunakan butiran atau biji jagung sebagai bahan utamanya. Kalau kita tidak teliti, mungkin banyak diantara kita yang beranggapan bahwa makanan itu sama, tetapi sebenarnya beda. Ketiga jenis resep tersebut adalah resep bakwan jagung, resep dadar jagung dan resep perkedel jagung (resep yang terakhir banyak ditemukan di daerah Sulawesi).

Dari segi bahan dasar dan cara membuat ketiga resep jagung diatas sebenarnya hampir sama. Yang menjadi perbedaan mungkin di komposisi bahan tepung yang digunakan dan biji jagung yang dihancurkan/di lembut kan terlebih dahulu untuk resep dadar jagung. Kalau rasa hampi mirip lah antara kedua lauk sederhana khas Indonesia tersebut.

Pemilihan Jagung Yang Benar

Seperti membuat resep masakan Indoensia yang lain, kunci untuk membuat bakwan jagung terasa enak, renyah dan crispy adalah terletak pada pemilihan bahan bahan yang akan digunakan. Tentu saja, dalam hal ini pemilihan jagung benar benar harus diperhatikan. Gunakan jagung manis berkualitas bagus dan baru dipanen karena kandungan gula dalam bulir jagung akan berkurang kalau terlalu lama. Tentu saja, selain enak dan renyah, resep bakwan jagung ini juga banyak mengandung zat zat yang sangat dibutuhkan oleh perkembangan dan kesehatan tubuh kita, seperti vitamin B kompleks, serat yang tinggi, protein tinggi, Elektrolit, sumber antioksidan dan yang lainnya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu bakwan jagung dan cara membuatnya di bawah ya

Cara membuat bakwan jagung sederhana, enak, renyah, dan gurih

Di bawah ini adalah resep dan cara membuat bakwan jagung sederhana dengan bumbu-bumbu dasar. Agar lebih praktis, jagung hanya perlu disisir. Tak perlu dihaluskan dengan blender atau diuleg.

Bahan:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis disisir
  • 3 Batang daun seledri dirajang halus
  • 3 Butir bawang merah dicincang halus
  • 2 Siung¬†bawang putih¬†dicincang halus
  • 1 Batang wortel kecil dicincang halus
  • 1 Batang daun bawang dirajang halus
  • 1 Sendok makan tepung beras
  • 1 Butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat bakwan jagung sederhana:

  1. Campur semua bahan, kemudian tuangi air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  2. Bumbui adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya.
  3. Ambil 1 sendok makan adonan, kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

Demikian cara membuat bakwan jagung sederhana. Sajikan bakwan dengan cocolan sambal atau sebagai lauk teman makan nasi.