Cara Membuat Bakso Urat Spesial Yang Kenyal dan Enak-Bakso adalah kegiatan membuat salah satu makanan favorit yang banyak disukai semua orang. Tampaknya itu sudah jelas hehehe. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Awal Mula Cara Membuat Bakso di Indonesia

Cara membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni ‘daging giling’. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama Muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Dewasa ini kebanyakan pedagang bakso yang menjamur di tiap sudut kota adalah orang Jawa dari Wonogiri atau Malang. Di Indonesia ini, Solo dan Malang cukup terkenal sebagai pusat makanan bakso. Itu juga mengapa banyak pedagang yang menjual Bakso Malang maupun Bakso Solo.

Berbeda dengan bakso khas Jawa, cara membuat bakso dari tempat aslinya, yakni Cina, biasanya menggunakan daging babi atau sejenis makanan laut lainnya. Ditambah lagi, biasanya bentuknya tidak bulat seperti bakso khas Jawa.

Selain itu, beda hal dengan bakso asli dari Cina yang biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah. Bakso yang kita kenal seperti bakso malang maupun bakso solo biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang melimpah, gurih, dan segar.

Cara Membuat Bakso Urat Sapi

Bakso urat banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia, umumnya orang lebih menyukai bakso urat yang mempunyai cita rasa yang khas, lantaran jika dikonsumsi tak cuma kenyal tetapi juga ada rasa keras serta merasa ada seratnya. Bakso urat bisa anda nikmati setiap waktu tak tahu itu pagi, siang atau malam.

Rasa segar dari kuahnya sangatlah menaikkan selera makan anda, rasa rempah-rempah dari kuah serta bakso urat merasa nikmat. Bakso Urat terbuat dari urat sapi, lebih bagus menggunakan urat sapi yang masih fresh hingga menghasilkan rasa bakso urat sapi yang enak. Kombinasi dari tepung serta urat sapi membuahkan bakso yang luar biasa.

cara membuat bakso urat

Bahan yang perlu disiapkan:
  • Daging Sapi 1 kg (digiling kasar)
  • Urat Daging Sapi 50 gram (dipotong kecil-kecil)
  • Tepung Kanji 150 gram
  • Garam 1 sdm.
  • Merica Bubuk 1 sdt.
  • Bawang Putih 6 siung
  • Es Batu 40 gram
  • Penyedap Rasa Sapi
Cara membuat bakso urat sapi:
  1. Masukkan daging sapi, bawang, merica, garam, dan tepung kanji ke dalam food processor atau blender. Agar proses lebih mudah, anda dapat menggunakan mesin pembuat bakso yang dapat menggiling, mencampur, dan mencetak bakso dengan lebih efisien.
  2. Giling campuran hingga halus dan rata.Anda juga bisa menggunakan mesin pembuat bakso,agar lebih mudah dalam menjalankan usaha
  3. Campurkan urat sapi yang sudah dipotong-potong, lalu aduk lagi hingga rata.
  4. Bila adonan lemas dan susah dibentuk, tambahkan es batu.
  5. Panaskan air dengan api kecil hingga mendidih.
  6. Ambil adonan dan bentuk bulat-bulat hingga adonan habis.
  7. Masukkan bakso yang sudah dibentuk ke air mendidih.
  8. Masak bakso hingga bakso mengapung, tandanya sudah matang.
  9. Angkat bakso dan tiriskan.
  10. Untuk penyajian anda dapat menggunakan cara yang sama dengan penyajian bakso sapi.

Manfaat Mengonsumsi Bakso Sapi

Terdapat 57 kalori dalam Bakso Daging Sapi (1 porsi sedang).3,69 g lemak,2,12 g, karbohidrat,3,47 g protein.Rincian Kalori: 60% lemak, 15% karb, 25% prot. Setiap 100 gram daging sapi terdapat 18,8 gram protein.Manfaat dan fungsi protein, antara lain yaitu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan pertumbuhan.

Selain itu, protein juga bertindak sebagai plasma pembentuk kelenjar, hormon dan enzim, untuk cadangan energi, Apabila karbohidrat sebagai salah satu sumber energi utama tidak cukup, dan untuk menjaga keseimbangan asam-basa darah. Jadi protein hewani dalam bakso diharapkan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.