Cara membuat bakso ikan tuna sama mudahnya dengan cara membuat kue crepes, ikan ini memanglah sangat bergizi sehingga banyak orang yang minat dengan ikan yang satu ini.

Banten yang dikenal sejak zaman kerajaan Sunda, adalah ‘negara’ yang memiliki kultur maritim. Hal itu juga bisa berpengaruh terhadap aneka jenis kulinernya, salah satunya adalah bakso ikan khas Banten yang menggunakan bahan ikan tuna.

Ikan tuna, tidak dapat dipungkiri lagi memiliki banyak sekali sumber gizi dan protein yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh seperti kalori, protein dan asam amino, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral.

Dan anda juga bisa membaca juga mesin pengisi cairan dan resep takoyaki jepang. Jika anda ingin jual mesin pembuat bakso, bisa lihat disini.

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna Yang Bergizi Dan Sedap

cara membuat bakso ikan tuna

Bahan Untuk Membuat Bakso Ikan Tuna:

500 gram Ikan tuna fillet
5 sdm sagu tani (klo kira2 kurang boleh tambahin)
1 sdm tepung terigu
7 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdt Lada
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng
secukupnya Es Batu
1 buah Telur
secukupnya Royco

Cara Membuat Bakso Ikan Tuna Langkah – Langkahnya :

  1. Cuci bersih Ikan tuna, kucuri lemon/jeruk nipis.
  2. Masukan bawang merah & bawang putih ke dlm food processor giling sampai halus.
  3. Kemudian masukan Ikan tuna giling lagi.
  4. Lalu masukan garam, Lada bubuk,royco, telur, sagu + tepung Dan es Batu. Giling sampai halus semua.
  5. Siapkan air untuk merebus, ambil segenggam kemudian bulatkan ambil dgn sendok. Masukan dlm air yg telah mendidih, angkat kalau sudah mengapung.
  6. Siap di olah jadi sop/bakso bakar. Sesuai selera mau di masak apa.

Note : tes rasa dgn memasukan sedikit adonan ke air rebusan. Kalau Ada yang kurang bisa di tambahin spt lada/garam nya.

Manfaat Dari Ikan Tuna:

Dari artikel kesehatan yang dapat dipetik dari berbagai sumber, dengan kandungan ikan tuna seperti tersebut di atas, sekurangnya ada sembilan manfaat penting ikan tuna bagi tubuh.

  1. Tentu kandungan protein ikan tuna, seperti juga kandungan protein yang berasal dari daging sapi, ayam, telur, baik untuk membantu menjaga otot tetap kuat, baik untuk darah, kulit, rambut, dan kuku.
  2. Juga dapat membantu untuk menghindari kita dari resiko terkena serangan stroke, orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan tuna sebagai bagian dari pola makan memiliki resiko 27 persen lebih rendah dapat terserang stroke.
  3. Kandungan omega 3 asam amino dalam ikan tuna dapat membantu mencegah darah tinggi, membantu menjaga kestabilan tekanan darah tinggi.
  4. Menurunkan kadar trigliserida (kolesterol jahat).
  5. Baik juga untuk kesehatan jantung dimana asam amino omega-3 melindungi jantung dari irama yang abnormal dan dapat berakibat fatal. Menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
  6. Mencegah obesitas. Asam amino dan omega-3 yang ditemukan dalam ikan tuna, mampu mengurangi resiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh, merangsang hormon leptin yang membantu metabolisme tubuh dan mengatur berat badan.
  7. Dan merupakan sumber dari selenium dan merupakan anti oksidan yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan bagi tubuh manusia dan bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi.
  8. Kandungan dari vitamin B yang terdapat dalam tuna dapat membantu membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi, meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam menjaga kesehatan kulit.
  9. Konsumsi tuna secara teratur dapat mengurangi resiko kanker payudara, juga mencegah kanker ginjal.

Selain lezat, ternyata bakso juga mengandung banyak manfaat.

Sejarah Dari Bakso

Ada yang menganggapnya jika bakso yang khas dengan bentukny yang bulat tersebut berasal dari belahan bumi lain. Tepatnya dari daratan Tiongkok. Konon pada awal abad ke-17 ada seseorang pria yang bernama Meng Bo. Warga yang hidup di masa Dinasti Ming tersebut tinggal di Fuzhou.

Ia terkenal sebagai anak yang berbakti pada orang tua. Bahkan ia memikirkan bagaimana cara agar ibunya yang sudah tua tetap dapat menikmati makanan yang bertekstur keras seperti daging. Maklum saja, gigi ibunya sudah rapuh. Padahal daging adalah bahan makanan favorit sang ibu.