Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat adonan paving block dengan mutu terbaik. Mungkin terdengar sepele, namun jika anda tidak memperhatikan komposisi serta kualitas bahan yang digunakan untuk membuat adonan paving block maka paving block yang dihasilkan mempunyai kualitas yang kurang baik dan mudah retak atau hancur. Sebelum lanjut ke pembahasan cara membuat adonan paving block, saya akan menjelaskan terlebih dahulu salah satu jenis beton in?

 

Apa itu paving block?

Anda mungkin agak asing mendengar istilah paving block. Paving block atau biasa disebut conblock merupakan salah satu elemen bangunan yang menjadi alternatif bahan penutup permukaan tanah. Paving block terbentuk dari bahan-bahan bangunan campuran, seperti semen Portland, abu batu, agregat halus, agregat kasar, dan air dengan karakteristik yang hampir mendekati mortar. Mortar adalah bahan campuran pasir, agregat, dan air yang saat keadaan keras, ia memiliki sifat seperti batuan. Demikianlah paving block berasal.

Paving block sebenarnya dapat dengan mudah ditemui di mana saja di sekeliling kita, di taman, di sekolah, di halaman rumah, atau mungkin jalan-jalan komplek. Namun, penempatan paving block tidak bisa sembarangan, ada jenis mutu yang menentukan penempatannya. Jika tidak diletakkan atau dipasang sesuai dengan jenis mutunya, maka paving block akan mudah hancur.

 

Faktor yang Mempengaruhi Mutu Adonan Paving Block

Berikut ini adalah faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan agar paving block mencapai mutu yang sesuai.

1.  Semen

Mutu semen merupakan faktor penentu penting yang mempengaruhi mutu paving block. Semen harus baru dan tidak bergumpal

2.  Perbandingan Air dan Semen

Perlu diketahui, konsistensi dan kemampuan kerja adonan sangat penting diperhatikan. Kekuatan atau mutu paving beton akan menurun dan tidak sesuai, jika perbandingan semen dan air juga tidak sesuai. Semakin banyak kekosongan pada paving, maka semakin tidak kuat dia.

3.  Bahan Baku

Material yang digunakan sebagai dasar pembuatan paving block harus paling baru dan paling baik kualitasnya. Pasir dan kerikil haruslah bebas dari dedaunan, rumput, dan benda-benda asing lainnya.Pasir harus bertekstur agak kasar dengan ukuran partikel mulai dari ukuran debu.

4.  Kehalusan Kerikil

Kekuatan paving block juga akan menurun, jika kerikil semakin halus. Hal ini disebabkan karena kerikil halus akan membutuhkan lebih banyak semen, yang tentunya akan mempengaruhi seluruh adonannya.

5.  Mesin Cetak Produksi

Khusus untuk pembuatan paving block, peralatan mesin cetak produksi sangat menentukan kekuatan beton yang nantinya dihasilkan. Mesin produksi harus sesuai dengan mutu yang akan dibuat.

 

Cara Membuat Adonan Paving Block

cara membuat adonan paving block - paving mentah

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam proses cara membuat adonan paving block diantaranya:

  • Pasir kualitas tinggi yang telah diayak

  • Semen portland

  • Abu batu (fly ash)

  • Kerikil

  • Air

Langkah-Langkah Cara Membuat Adonan Paving Block :

  1. Buatlah adonan pertama sebagai bahan baku pembuatan paving block. Caranya yaitu campurkan semua bahan, pasir, abu, krikil, dan semen, menggunakan alat pengaduk. Lebih baik jika fly ash dan semen dicampur terlebih dahulu sampai merata, baru dicampur dengan bahan lainnya di mesin pengaduk atau kotak adonan.

  2. Perbandingan campuran semen dan pasir yang digunakan adalah 1:3, 1:4, 1:5, atau 1:6. Perlu diketahui, komposisi bahan-bahan penyusun yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap mutu dan daya kuat terhadap tekanan paving block yang dihasilkan.

  3. Tambahkan air secukupnya ke dalam adonan paving block kemudian aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Pastikan hasil adonannya tidak terlalu basah.

  4. Untuk memeriksa tingkat kelayakan adonan tersebut coba anda menggengam adonan mengguankan tangan. Lalu kepal adonan dan bentuk seperti bola kecil, apabila permukaan bola masih retak tandanya adonan kurang air. Jika permukaan bola tidak retak dan sedikit basah maka adonan paving block siap untuk dicetak.

  5. Buatlah kembali adonan kedua di wadah yang terpisah dengan cara mencampurkan pasir dan semen secukupnya. Percikkan sedikit air agar semen dapat mengikat pasir. Aduk campuran ini hingga benar-benar merata serta kondisinya agak basah. Adonan kedua ini berfungsi untuk membungkus adonan pertama sehingga tidak lengket pada cetakan.

 

Mudah bukan cara membuat adonan paving block? Untuk proses cara membuat paving block ini anda dapat menggunakan cetakan paving block manual maupun menggunakan mesin press batako dan paving block. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.