Pada artikel kali ini saya akan memberitahu tentang cara membuat abon ayam. Kebetulan jika Anda punya banyak daging ayam di rumah dan Anda bosan jika dimasak begitu saja? Coba mulai sekarang awetkan dengan cara menjadikannya abon. Selain praktis bisa dibawa ke aman saja, lauk ini tak mudah basi.

Abon ayam bisa menjadi opsi untuk simpanan lauk untuk di rumah. Juga bisa dijadikan dalam isi jajanan, misalnya seperti pastel kering atau lemper. Dijadikan topping roti atau donat asin juga sangat enak. Apalagi jika digunakan sebagai pelengkap bubur gurih. Hampir sama cara membuat abon ayam sama membuat abon sapi, ini resep membuat abon ayam jika Anda mau mencobanya.

Cara Membuat Abon Ayam

Bahan – Bahan

  • 500 gr dada ayam bisa juga daging ayam fillet tanpa kulit
  • 300 ml santan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm gula merah sisir

Cara Membuat Abon Ayam:

  1. Rebus ayam hingga menjadi empuk. Angkat, lalu pukul-pukul daging dan suwir-suwir hingga halus.
  2. Tumis bumbu halus hingga berbau harum, masukkan serai, lengkuas, daun salam dan juga daun jeruk. Tumis sebentar saja.
  3. Masukkan santan, lalu masak bersama bumbu hingga mendidih sambil tetap diaduk-aduk supaya tidak pecah.
  4. Masukkan ayam dan masak hingga santan tersebut habis. Setelah semua bahan  itu masak dengan api yang sedang atau kecil sambil diaduk-aduk supaya ayam menjadi kering dan juga menjadi abon kering.
  5. Tiriskan di kertas minyak yang berfungsi untuk menyerap minyaknya keluar. Biarkan dingin, baru simpan di wadah yang tertutup.

Manfaat Ayam

Cara Membuat Abon Ayam Sederhana

1. Pembentukan Otot

Daging ayam mengandung banyak protein, tepatnya asam amino. Hal ini lantas akan menghasilkan manfaat ayam untuk membantu dan memaksimalkan pembentukan otot tubuh.

Dada ayam adalah bagian daging ayam yang sangat banyak mengandung protein, yakni kurang lebih sekitar 25 gram.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu untuk pembentukan otot. kandungan daging ayam berupa protein juga mampu untuk menghasilkan manfaat daging ayam mampu untuk membantu menurunkan berat badan. Terutama bagi Anda yang kini sedang menjalani program penurunan berat badan yang biasanya bernama diet.

Manfaat ayam juga mampu untuk membantu menurunkan berat badan melewati kandungan proteinnya tersebut dikarenakan zat ini bisa memberikan efek cukup kenyang yang lebih lama. Sehingga Anda bisa menekan frekuensi makan guna untuk menjaga berat badan tubuh Anda.

3. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Manfaat ayam bagi kesehatan tubuh selanjutnya yaitu untuk memperbaiki suasana hati (mood). Hal ini dimungkinkan karena pada tubuh ayam terdapat kandungan zat yang biasa disebut tryptophan. Zat ini sangat berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin yang ada di dalam otak.

Nah, serotonin inilah yang kemudian berperan sangat penting untuk memberikan efek nyaman dan juga tenang pada tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jadi, vitamin ini berperan sebagai meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga fungsi dari sistem saraf pusat.

Tubuh yang sehat ditunjang oleh metabolisme yang sangat baik. Oleh sebab itu, tingkatkan metabolisme tubuh Anda dengan cara mengonsumsi daging ayam dengan rutin ini salah satunya.

5. Menurunkan Kolesterol

Selain mengandung vitamin B6, pada ayam juga terkandung vitamin B3 atau disebut niacin. Hal ini menghasilkan manfaat ayam yang mampu untuk menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’.

Demikianlah artikel tentang abon ayam. Jika anda bosen dengan abon ayam, silahkan kunjungi website cara membuat abon sapi. Sekian dan terima kasih.