Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membersihkan filter Ac dengan benar dan mudah. Namun, tahukah kamu bagaimana cara membersihkan filter Ac?? Mari kita simak…

Hingga saat ini khususnya di Indonesia, hanya sebagian kecil orang saja yang mengetahui bahwa filter kabin sevice AC jogja Mobil ada di dalam mobil mereka. Dan bahkan lebih sedikit lagi yang menyadari pentingnya kehadiran dari filter ini.

Kenyataan cara membersihkan filter Ac  di lapangan yaitu bahwa ada beberapa jenis mobil terutama yang mempunyai tahun produksi di bawah tahun 2005 belum mempunyai filter kabin ini. Filter kabin adalah sebuah saringan udara yang terletak di dalam mobil.

Pada sebagian besar mobil buatan Jepang dan Korea, Filter Kabin / AC ini dipasang pada blower dari sistem cara membersihkan filter Ac dimana terletak di belakang laci pada dashboard mobil tersebut.

Fungsinya adalah untuk mencegah debu agar tidak masuk ke evaporator. Dengan seiring waktu pemakaiaan cepat atau lambat service Ac Jogja mobil pasti akan kotor dari debu yang berlalu lalang.

Cara Membersihkan Filter AC Dengan Mudah dan Praktis

cara membersihkan filter Ac

Cara Membersihkan Filter AC Rumah

Rumah yang sejuk nampaknya menjadi sebuah kebutuhan saat ini, bagaiman tidak, dengan cuaca sekarang yang begitu panas, sungguh hal yang menyebalkan jika rumah yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk berlindung dari panasnya pergolakan jaman ternyata sama saja panasnya dengan diluar rumah.

Alhasil penggunaan pendingin udara berupa AC pun menjadi pilihan banyak orang, tetapi bagaimana dengan tagihan listriknya ? tidak perlu kawatir, dengan memilih jenis yang tepat dan pembatasan penggunaan maka hal itu dapat teratasi. Tetapi jika ternyata pendingin ruangan yang kita miliki tidak berfungsi dengan semestinya tentunya hal ini akan sangat mengganggu bukan, banyak penyebabnya, anatara lain filter AC yang sudah kotor, untuk itu perlu dibersihkan. Jika tidak ingin menggunakan jasa pembersih professional,

Kita bisa membersihkannya sendiri dengan langkah – langkah sebagai berikut:

  • Membuka filter AC

Angkah awal dalam membersihkan filter AC adalah membuka bagian penutup filter, tetapi tidak semua model AC memiliki bagian filter yang bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan. Ada beberapa model yang harus dibuka menggunakan obeng dan alat – alat tertentu.

  • Proses pembersihan

Setelah dilepas, bersihkan debu dengan kain kering atau bisa juga menggunakan lap yang lembab agar debu tidak berterbangan. Karena sama saja jika setelah AC dibersihkan dengan lap kering debu malah berterbangan dan justru terhirup atau kembali menempel pada filter AC

  • Bersihkan panel

Didalam Ac kita akan menjumpai beberapa panel, nah panel – panel inilah yang juga biasanya tertutup debu dan harus dibersihkan. Cara membersihkannya bisa menggunakan vacuum cleaner atau lap yang kembab agar debu teerangkat dengan sempurna.

  • Bersihkan filter

Setelah semua bagian dibersihkan, yang terakhir dibersihkan adalah filter udara yang ada di dalam AC. Pembersihan bisa menggunakan vacuum cleaner atau jika debu terlalu tebal, bisa kembali menggunakan kain lap yang dibasahi sehingga debu bisa terangkat secara keseluruhan.

  • Memasang kembali penutup

Setelah semuanya bersih tentu saja hal yang terakhir dilakukan adalah memasang kembali penutup. Ada baiknya jika anda adalah orang yang pelupa, sebaiknya memfoto terlebih dahulu filter Ac sebelum dilakukan pembongkaran awal.

Hal ini karena kita bukanlah ahli dalam bidang ini sehingga bisa dilakukan pencegahan untuk berjaga –jaga agar penutup bisa dipasang kembali. Setelah dipasang, AC juga perlu dilakukan pengujian, karena bukan hal yang tidak mungkin jika AC justru tidak bisa dipakai setelah kita bersihkan, hal ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan komponen yang kurang tepat atau malah dikarenakan terjadinya konsleting pada mesin AC akibat ada air yang masuk. Sebab itu, pemakaian lap yang lembab harus dilakukan dengan hati – hati, lap tidak boleh basah dengan meneteskan air, hanya boleh lembab.

Untuk membersihkan filter AC tidak butuh alat khusus dan keterampilan setara mekanik. Anda bisa melakukannya sendiri. Filter AC biasanya terletak di balik laci dashboard mobil Anda. Untuk membukanya perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka laci dengan cara menariknya ke atas dengan menarik sisi sebelah kiri atau kanan satu per satu hingga laci terlepas;
  • Setelah laci terlepas akan terlihat compartement filter AC dan blower AC yang biasnaya dibuat bertumpuk dengan posisi filter AC ada di bagian atas;
  • Untuk mengeluarkan filter AC buka sistem pengunci berbentuk knop yang ada dibagian sisi boks filter AC;
  • Setelah boks filter AC terbuka maka bakal terlihat filter AC yang biasnaya berwarna putih, keluarkan filter AC untuk dibersihkan;
  • Ambil filter AC, kemudian di ketuk-ketuk sampai debunya keluar. Jika Anda memiliki compressor bisa ditiup compressor dari arah bawah filter AC, sedangkan kalau ada vacum cleaner bisa di vacum bagian atas filter AC.
  • Jangan pernah merendam filter AC dengan air sabun atau dicuci karena akan menyebabkan bulu halus di filter yang menangkap debu akan hilang;
  • Setelah yakin filter bersih maka masukkan kembali ke boks filter AC dan tutup laci dashboard mobil Anda ke posisi semula.

Sekian cara membersihkan filter ac ini, semoga cara ini bisa bermanfaar bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.