Cara Memasak Cumi Asam Manis. Artikel ini akan mengajarkan anda cara memasak cumi asam manis dengan baik. Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat cara memasak cumi-cumi. 

Cara Memasak Cumi-Cumi Asam Manis

Cumi-cumi adalah salah satu hewan laut sejenis moluska yang hidup dilaut. Jika ingin mendapatkan manfaat dari cumi-cumi yang maksimal pilihlah yang baik, yang masih segar atau fresh saat membelinya.

Walaupun cumi-cumi memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Namun, jika kita mengkonsumsi dengan porsi yang tidak banyak atau tidak berlebiahan.Tentu saja memberikan manfaat karena gizi lain yang terkandung pada cumi-cumi akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kita dan bila kita memakanya berlebihan tentunya saja tidak baik dan tidak dianjurkan .

Resep Cara Memasak Cumi Asam Manis

Cara Memasak Cumi Asam Manis disajikan dengan Aneka racikan saus lezat bisa anda padukan dan ditumis bersama cumi, seperti saus tiram, saus padang, saus mentega, dan saus asam manis.

Bahan-bahan:

  • Cumi, buang kulit dan tulangnya lalu potong cincin – 500 gram
  • Jeruk nipis, peras ambil airnya – 1 buah
  • Bawang Puting, Cincang halus – 2 siung
  • Bawang bombay, potong kasar – 50 gram
  • Paprika hijau, Potong panjang – 50 gram
  • Daun bawang, iris tipis – 2 batang
  • Saus cabai – 3 sdm
  • Garam – 1/2 sdt
  • Saus tomat – 5 sdm
  • Gula – 1 sdt
  • Saus tiram – 1 sdm
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Langkah – langakah Memasaknya:

  1. Cuci bersih cumi lalu kucuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit lalu cuci bersih kembali. Sisihkan
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan matang.
  3. Masukkan cumi lalu masak hingga cumi tampak kaku.
  4. Tambahkan saus cabai, saus tomat, dan saus tiram. Aduk rata.
  5. Masukkan paprika dan daun bawang. Aduk rata.
  6. Bumbui dengan garam, gula, dan merica. Aduk rata kemudian koreksi rasanya. Angkat.
  7. Siap, sajikan.

Resep cumi ASAM MANIS

Manfaat Cumi – Cumi untuk Kesehatan

Cumi-cumi mengandung asam amino essensial yang sangat diperlukan oleh tubuh .Dan perlu diketahui bahwa tubuh sendiri tidak bisa memproduksi asam amino essensial dan untuk mendapatkan membutuhkan pasokan makanan dari luar seperti halnya cumi-cumi ini. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian kandungan gizi yang dimiliki cumi – cumi.
Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Lalu apa saja manfaat dari cumi-cumi untuk kesehatan tubuh kalian? Berikut penjelasanaya.

     1. Pembentukan Sel Darah Merah

Seperti diketahui bahwa ternyata cumi -cumi juga mengandung unsur tembaga yang bermanfaat dan berfungsi untuk pembentukan sel darah merah.

     2. Untuk Menyehatkan Pencernaan

Seperti kita ketahui ternyata cumi-cumi juga mengandung riboflavin atau vitamin B2 sehingga baik untuk pencernaan .Karena mempunyai peranan yang penting untuk menjaga kesehatan dan merupakan salah satu dari 8 vitamin B.Vitamin B ini sering disebut vitamin B klompeks yang berfungsi untuk kesehatan hati,mata dan juga rambut dan juga membantu saraf agar berfungsi dengan baik.

     3. Mencegah Katarak

Vitamin riboflavin dengan bantuan nutrisi lainnya sangat penting untuk penglihatan mata.Dan penelitian awal menunjukkan bahwa riboflavin dapat mencegah katarak dan juga mencegah rusaknya lensa mata ,ini disebabkan orang yang memakai suplemen niacin maupun riboflavin memiliki sedikit yang disebabkan penyakit katarak .

     4. Mencegah Tumbuhnya Sel Tumor

Cumi -cumi yang mengandung tinta hitam dan bisa digunakan sebagai pelindung ketika diserang musuh atau dalam keadaaan tertekan ternyata bermanfaat untuk kesehatan.Tinta hitam pada cumi-cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.Dengan manfaat tersebut sehingga resiko yang disebabkan oleh tumor ganas bisa diatasi.Pengobatan dengan menggunakan tinta hitam cumi -cumi tentunya harus dalam pengawasan yang ahli dalam bidangnya.

     5. Menurunkan Kolesterol dan Menyehatkan Kesehatan Mata

Cumi-cumi juga mengandung omega -3 yang mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan merupakan salah satu asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.Disamping itu omega -3 merupakan komponen penting untuk otak dan juga retina mata.Asam lemak omega -3 yang disebut dengan DHA merupakan komponen penting untuk retina mata yang dapat mencegah terjadinya degenerasi manula yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pelinghatan dan juga kebutaan.

     6. Menghilangkan Bekas Cacar

Orang yang mengalami penyakit cacar tentu saja adanya bekas dikulit yang disebabkan oleh tersebut dan ini akan menganggu penampilan yang disebabkan oleh penyakit cacar apalagi jika penyakit cacar sampai mengenai wajah.

     7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti kita ketahui bersama kalsium dan fosfor sangat penting menjaga dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.Dan fosfor dan kalsium mempunyai peranan penting untuk tulang yang kuat.

     8. Manfaat Zat Besi

Zat besi yaitu zat yang penting dalam tubuh manusia dan merupakan bagian terpenting dari darah merah atau hemoglobin.Dan darah merah dan zat besi dalam darah memiliki peran yang penting untuk menganggkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta membawa karbondioksida kembali keparu-paru untuk dikeluarkan .

Semoga Artikel ini bisa dicerna dengan baik dan ada manfaatnya, bila ingin memasak cumi  resep nya boleh di coba ya teman-teman.