Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara masak ayam pepes kemangi super lezat dan juga sederhana. Rasanya yang sangat lezat ini membuat banyak orang menyukai resep ini.

Ayam Pepes

Ayam pepes adalah salah satu masakan yang cukup sederhana dengan berbahan dasar ayam dengan bumbu yang masih sangat tradisional khas Sunda yang dibungkus menggunakan daun pisang. Resep masakan ini sangat populer dan digemari sekali.

Tidak hanya orang Sunda dan Jawa Barat saja yang menggemari, akan tetapi cara masak ayam pepes kemagi menggunakan bahan yang berdasar ayam ini juga sangat banyak disukai oleh masyarakat di daerah lainnya. Hal ini dapat dilihat dari para pelanggan rumah makan yang khas sunda untuk memesan resep masakan ayam pepes kemangi ini yang berasal dari berbagai daerah.

Tidak hanya untuk dibuat dengan ayam pepes kemangi saja, tapi bumbu pepes khas Sunda ini juga bisa dikreasikan menjadi berbagai macam masakan lainnya. Seperti dengan pepes ikan, pepes tahu, bisa pepes kemangi, atau pepes jamur dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya tidak hanya pepes ayam ini saja. Banyak sekali masakan tradisional khas Sunda yang sangat populer di tengah masyarakat kita. Sebut saja dengan resep ayam bakar dari sunda, sayur asem, ikan bakar, dan juga nasi bakar pepes sunda dan masih banyak lainnya.

Cara Masak ayam Pepes

Mungkin sudah sangat banyak sekali resep masakan Indonesia dengan menggunakan bahan rempah rempah yang sangat mirip dengan bumbu ayam pepes ini. Memang hampir semua jenis masakan tradisional dari berbagai daerah di Indonesi ini menggunakan bumbu yang cukup mirip dengan bahan masakan pepes ayam ini. Seperti contoh batang serai, kunyit, kemiri, bawang putih dan yang lainnya.

Akan tetapi cara masak ayam pepes kemangi sunda yang akan dimasak ini memiliki ciri tersendiri yang sangat berbeda dengan yang lainnya. Yaitu karena menggunakan daun kemangi dan juga daun pisang. Daun kemangi ini digunakan untuk memberi rasa sekaligus aroma sangat segar yang sangat menggugah selera. Selain itu daun kemangi ini juga mengandung sangat banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ciri khas dari ayam pepes kemangi yang kedua adalah terletak pada bungkusnya yang menggunakan daun pisang ini. Setelah semua bahan dan bumbu dimasak selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Dari daun pisang inilah yang telah menjadi ciri khas dari masakan ayam pepes sunda tersebut.

Selain memiliki ciri yang lebih unik, aroma yang dikeluarkan oleh daun pisang yang dicampurkan dengan berbagai macam bumbu dan juga rempah ayam pepes ini sendiri membuat cita rasa dari ayam pepes menjadi sangat lebih enak dan juga lezat.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan:

  • 2 ekor ayam segar (dipotong sesuai selera)
  • Daun kemangi segar 4 ikat (sesuai selera)
  • Lengkuas 2 ruas jari (dimemarkan)
  • Jeruk nipis 2 pcs (diperas dan diambil air jeruknya)
  • 8 lembar daun salam
  • 4 buah tomat hijau (iris iris kecil)
  • 15 lembar daub jeruk purut
  • Cabai merah 2 buah (iris dan goreng)
  • Cabai merah rawit 13 buah
  • 4 buah serai (memarkan/ potong kecil kecil)
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Garam beryodium secukupnya
  • Gula pasir 10 gr atau sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secuukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Bahan Bumbu Pepes:

  1. 15 gram bawang putih
  2. 25 gram kemiri (disangrai terlebih dahulu)
  3. 50 gram bawang merah
  4. Kunyit sebanyak 15 gram.

Cara Masak Ayam Pepes:

  1. Pertama cuci potongan daging ayam tadi menggunakan air yang mengalir hingga benar bersih lalu tiriskan sebentar.
  2. Setelah itu siram semua bagian daging dengan air jeruk hingga merata kesemua bagian daging. Diamkan selama kurang lebih 1/4 jam lalu cuci bersih kembali dan tiriskan.
  3. Haluskan dan uleg bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit sampai halus.
  4. Siapkan penggorengan dengan minyak sedikit saja. Setelah itu bumbu resep pepes ayam kemangi diatas dan aduk-aduk sampai tercium bau harum tumisan.
  5. Masukkan potongan daging ayam tadi dalam wajan kemudian tambahkan bumbu dan aduk-aduk terus hingga merata ke semua bagian daging ayam.
  6. Masukkan 1/2 liter air bersih bersamaan dengan gula pasir, kaldu bubuk ayam dan juga garam dapur yang beryodium.
  7. Aduk semua bahan tadi sampai rata dan masak sampai airnya menyusut dan ayamnya matang.
  8. Setelah itu siapkan daun pisang untuk membungkus dan susun rapi daun jeruk purut, daun salam, daging ayam dengan bumbu diatas, irisan tomat, sereh, dan juga beberapa daun kemangi.
  9. Bungkus daun pisangnya dengan rapi dan kunci dengan lidi di bagian ujungnya.
  10. Masukkan ke panci kukusan dan masak sampai matang atau kurang lebih selama 1 jam. Jika anda menggunakan panci presto, kira kira cukup memasaknya dengan waktu 15-20 menit.
  11. Setelah matang bisa langsung disajikan atau bakar dahulu sebentar diatas bara api atau teflon sampai daunnya kering.

Jadi itu tadi ulasan tentang cara masak ayam pepes kemangi yang sederhana dan praktis. Selamat Mencoba!