Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Buat Jus Buah Naga Untuk Bayi Kaya Akan Nutrisi. Emm pada artikel kemarin kita telah membahas tentang Cara Buat Jus Buah Naga Penghilang Dahaga Segar. Buah naga adalah buah yang sangat menarik dan unik dengan bentuk dan warna merah mencolok atau putih. Selain bentuknya yang sangat unik, buah naga juga kaya akan nutrisi penting sehingga sangat aman dan cocok dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi Anda yang usianya menginjak 6 – 10 bulan.

Karena kaya akan kalsium dan fosfor, buah naga sangat membantu perkembangan tulang. Fosfor yang dikombinasikan dengan senyawa fenolik dan flavonoid membantu membentuk kepadatan tulang yang baik serta membuatnya lebih kuat.

1. Cara Buat Jus Buah Naga dan Pisang

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga merah ukuran sesuai selera anda
  • 2 buah pisang ambon pastikan yang matang ya
  • air putih 1 gelas dan pastinya ASI

Cara Membuat Jus Buah Naga Dan Pisang:

  1. Kupas buah naga dan pisang lalu potong kecil-kecil
  2. Masukkan buah naga dan pisang ke dalam blender bersamaan semua bahan-bahan tadi
  3. Blender semua bahan hingga halus ya
  4. Jus buah naga dan pisang siap untuk di berikan ke buah hati anda

2.  Cara Buat Jus Buah Naga Campur MPASI

Bahan-Bahan:

  • 1/4 buah naga merah
  • 1 buah pisang
  • 2 biji buah kurma
  • 2 sendok susu formula
  • secukupnya air hangat

Cara Membuat Jus Buah Naga Campur MPASI:

  1. Potong buah naga merah menjadi 1/4 bagian terus iris kecil-kecil
  2. Potong kecil-kecil 1 buah pisang
  3. Buang biji buah kurma, dan iris kecil-kecil daging buah kurma tersebut
  4. Terus blender buah kurma, buah naga dan pisang tambahkan 2 sendok sufor atau asi. Kalau pakai sufor tambah air hangat secukupnya
  5. Jus buah naga campur MPASI siap untuk di berikan untuk buah hati anda.

Berikut Ini Ada Beberapa Manfaat Buat Jus Buah Naga Untuk Bayi:

1. Melindungi Jantung

Para ibu bisa jadikan buah naga ini sebagai menu pure MPASI bayi 6 bulan. Karena ada manfaat baik yang diperoleh bayi dari kandungan vitamin dan mineralnya. Konsumsi buah naga akan membantu si kecil terjaga kesehatan jantungnya.

2. Memberi Antioksidan

Buah naga ini memiliki kandungan fenol tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Fenol ini akan bantu sel membran anak dari radikal bebas dari luar tubuh yang bisa menyebabkan penyakit pada bayi.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah naga juga mempuunyai kemampuan detoksifikasi yang berguna untuk membantu tubuh dari serangan beragam maca, racun. Sehingga akan bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan ginjal, saluran kemih dari berbagai efek racun yang masuk.

  • 4. Membangun Tulang Kuat

Pertumbuhan tulang bayi ini memang jadi perhatian pada masa pertumbuhan. Sehingga tidak heran bila setiap orang tua menginginkan tulang tubuh anak akan berkembang dan tumbuh menjadi lebih kuat. Memberikan asupan MPASI buah naga akan membantu membangun tulang kuatnya dan menjaganya dari resiko arthritis melalui kandungannya baik berupa flavonoid.

5. Memberi Asupan Serat Pada Bayi

Kadar serat yang dimiliki oleh buah naga ini juga sangat tinggi. Sehingga si kecil akan mendapatkan asupan serat cukup demi menjaga sistem pencernaannya agar tetap sehat. Terhindar dari sembelit, juga akan membantu untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, dan membantu untuk meningkatkan berat tubuh bayi.

6. Menenangkan Saraf

Potassium pada buah naga tak hanya baik untuk perkembangan si tulang bayi. Ada beberapa manfaat lain seperti menjaga sistem saraf dan fungsi detak jantung pada  si bayi. Tetapi sebenarnya buah naga mempunyai banyak sekali manfaat baik, tetap disarankan untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan dokter soal MPASI 7 bulan bayi.

7. Antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan dikenal dengan nama fenol. Antioksidan ini berguna melindungi sel membran anak dari serangan radikal bebas. Antioksidan dari daging buah naga juga mampu melindungi kita dari serangan penyakit umum.

8. Kaya Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan dalam perkembangan tulang, otot dan gigi. Vitamin C juga membantu perkembangan pembuluh darah Si Kecil yang sedang tumbuh. Ditambah lagi, vitamin C di dalam buah naga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Tinggi Serat

Serat yang ada pada daging buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu Si Kecil memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat serat dalam daging buah naga berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

10. Membangun Tulang yang Kuat

Buah naga kaya kandungan mineral seperti halnya potassium. Potassium bersama senyawa flavanoid dan fenolik lainnya membantu Si Kecil untuk membangun tulang yang kuat. Termasuk melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depan.

11. Mengandung Vitamin A

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah naga sangatlah tinggi. Ini akan membantu kulit Si Kecil tetap sehat. Vitamin A juga bagus untuk kesehatan mata sekaligus membantu anak terhindar dari berbagai macam serangan infeksi.

12. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki oleh daging buah naga membantu terhindar dari serangan salah satunya adalah racun. Manfaatnya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan menjaga saluran kemih agar tetap sehat.

13. Menenangkan Saraf

Buah naga yang kaya kandungan potassium bermanfaat menjaga kesehatan fungsi jantung dan sistem saraf. Dalam masa pertumbuhan, sangat penting menjaga kesehatan tubuh Si Kecil dan terbebas dari lemak.

Buah naga mengandung gizi tinggi dan memang dikenal mampu memberikan warna pada urin dan kotoran manusia.

Namun, dibalik manfaatnya tadi, juga harus bisa melihat cocok tidaknya buah-buahan yang diberikan pada Si Kecil. Jangan diteruskan jika melihat ada reaksi abnormal.

Misalnya, hentikan pemberian buah naga untuk sementara waktu jika melihat urin Si Kecil berwarna merah setelah mengonsumsi buah naga dan lihat apakah ada perbedaannya. Kemudian jika melihat gejala lain seperti nyeri berkemih atau demam yang menyertai, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui permasalahannya.

Demikian artikel tentang Cara Buat Jus Buah Naga Untuk Bayi Kaya Akan Nutrisi semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencobanya di rumah.