Pada artikel ini saya akan berbagi resep cara buat bakso ayam enak dan sederhana. Siapa sih yang belum pernah makan bakso? Saya yakin kalian semua pasti pernah mencobanya. Daripada beli diluar, yuk coba kita bikin bakso dari daging ayam. Kenapa buat dirumah? Karena dijamin lebih sehat dan lebih ekonomis tentunya. Sebelum lanjut ke pembahasan, kenalan dulu yuk sama bakso ini.

 

Apa Sih Bakso Itu?

Bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang kemudian dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Di Indonesia terdapat banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Kini bakso tidak lagi hanya berbentuk bulatan daging, namun juga dapat ditambah dengan bermacam-macam isian. Dapat diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Pada umumnya, bakso disajikan saat masih panas panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, maupun telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

 

Bahaya Bakso Dicampur Boraks!

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengetahui bakso yang mengandung boraks cukup mudah. Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika kamu melemparkan bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.

Jika kamu membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya. Bakso yang mengandung boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, kamu patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

 

Cara Buat Bakso Ayam

cara buat bakso ayam - bakso

Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik membuat sendiri. Berikut cara buat bakso ayam yang kenyal dan enak

 

Bahan Cara Buat Bakso Ayam:

  • 1 kg daging ayam, tanpa tulang, giling

  • 50 gram tepung kanji

  • 1 butir telur

  • 1 sdt lada bubuk

  • 4 siung bawang putih, haluskan

  • 1 sdt garam

  • 2 sdm bawang merah goreng

  • 40 gram es batu, hancurkan

  • 2 L air

 

Langkah-Langkah Cara buat bakso ayam:

  1. Masukkan daging ayam yang telah digiling kedalam wadah, kemudian campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni adonan bakso dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

  2. Jika dirasa adonan susah dibentuk karena lembek, maka tambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

  3. Rebus air dalam panci hingga mendidih.

  4. Ambil adonan bakso dengan tangan lalu bentuk bulat, kemudian tekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Kamu juga dapat mencetak bakso menggunakan mesin pencetak bakso jika ingin memproduksi bakso dengan jumlah yang besar

  5. Masukkan adonan yang telah dibentuk menjadi bulat kedalam air panas.

  6. Lanjutkan proses pembentukan bakso hingga semua adonan habis.

  7. Jika bakso telah mengapung artinya bakso telah matang. Angkat

 

Bahan cara buat kuah bakso:

  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi

  • 12 siung bawang putih, cincang halus

  • 1 bungkus kaldu sapi instan

  • Merica halus secukupnya

  • Garam secukupnya

  • 1 liter air bersih

 

Cara buat kuah bakso :

  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

  2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.

  3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.

  4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.

  5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.

  6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

  7. Masukkan bakso kedalam mangkok kemudian siram dengan kuah bakso, jangan lupa tambahkan bahan pelengkap seperti bihun, sawi, bawang goreng atau yang lain sesuai selera kamu.

 

Bagaimana, mudah bukan cara buat bakso ayam sederhana dan enak? Selain enak, bakso ayam buatan sendiri tentunya juga sehat dan ekonomis. Oke, cukup sekian resep yang dapat saya bagikan, jangan lupa share dan selamat mencoba, semoga berhasil!