Cara Bikin Salad Buah Antimainstream

Haiiiii gaisss selamat sore!! gimana kabar kalian? mimin harap dalam kondisi yang prima yaa! Pada artikel kali ini mimin mau berbagi tentang bagaimana cara bikin salad buah yang antimainstream dan kaya biasanya. Daripada kalian harus beli di luaran sana, mending kalian nyoba bikin sendiri karena selain menghemat kalian juga bisa melatih skill memasak kalian wkwkwk. Salad buah sendiri adalah camilan sekaligus makanan pengganjal perut yang wajib terutama bagi mahasiswa atau mahasiswi yang lagi ngerjain tugas kuliahnya hahaha. Resep yang bakal mimin share ini ngga rumit kok karena mimin udah mikir juga kalo kalian mau yang simple simple aja. Tapi sebelum msuk ke resep salad buah nya, ijinin mimin tuk membahas manfaat dan khasiat dari salad buah ini.

Manfaat Buah Dalam Salad Buah

1. Mengandung Banyak Serat

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat.

Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

2. Memiliki Berbagai Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

Sebab itulah buah adalah vitamin yang paling baik dan alami tanpa terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga dapat menyehatkan tubuh secara alami.

3. Memenuhi Kebutuhan Mineral Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh Ketiga manfaat serta khasiat di atas hanya beberapa contoh aja ya gais sebenernya masih banyak yang lainnya yang kalo mimin bahas semua bisa bisa ngga sampe ke resep es buah untuk jualan nya. Jadi sekarang mari kita menuju ke resep dan cara membuatnya, cekidott!

Cara Bikin Salad Buah Enak

1. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara Bikin Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.\
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

2. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Bikin Salad Buah Segar:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.

Membuat saus:

  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.

3. Resep Salad Buah Naga

Bahan bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Bikin Salad Buah Naga:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya

Membuat saus:

  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

Itu dia bund ketiga resep andalan mimin yang bisa kalian terapin di rumah dan juga tentunya kalian jajal satu satu, jangan lupa kabarin mimin ya gais hasilnya gimana, selamat mencoba!!!