Cara Bikin Olahan Pisang Kepok

Kalian tau pisang kepok kan? itu loh pisang yang sering banget ditemui di pasar pasar karena stocknya yang melimpah. Pada artikel kali ini mimin mau ngasih tau kalian cara bikin olahan pisang kepok yang tentunya berbeda dari yang lainnya.

Pisang kepok sendiri lebih sering diolah menjadi gorengan yang seringkali kita temui di pedagang asongan di sepanjang jalan jalan besar. Dengan adanya resep yang akan mimin bagiin ini mimin harap kalian bisa menginovasi buah dengan warna dominan kuning ini supaya diolah menjadi lebih kreatif lagi.

Tapi sebelum masuk ke resep es buah untuk jualan dan juga aneka olahan pisang untuk usaha, mari kita mengupas sedikit demi sedikit manfaat dari pisang kepok ini lesgowww gaisss

Manfaat Buah Pisang Kepok Bagi Kesehatan

Selain rasa dan kenikmatan pada umumnya, kita pun pasti mengincar juga manfaat dan khasiat yang terdapat dalam suatu makanan atau minuman yang kalian konsumsi. Mka dari itu mimin siapin buat kalian nih beberapa manfaat serta khasiat yang kalian dapatkan saat mengonsumsi buah pisang kepok ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui bersama penyakit jantung adalah mesin pembunuh nomor satu di dunia dan diikuti dengan kanker. Penyakit yang menyerang secara tiba-tiba ini jarang dapat diduga dan kebanyakan karena rusaknya pembuluh darah di jantung.

Buah Pisang berjenis kepok yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi selain dapat menyehatkan kulit, juga dapat melindungi organ jantung kita dengan mencegah rusaknya dinding pembuluh darah kita yang ada di jantung.

2. Menjaga Kekuatan Tulang

Buah pisang juga dikenal dengan kandungannya yang kaya akan kalsium. Hal ini memnyebabkan buah ini sangat bagus untuk membantu kesehatan tulang dan menghindarkan kita dari pengeroposan tulang.

Bahkan menurut studi yang diumumkan oleh Journal of Physiology and Biokimia, buah pisang ini mengandung zat fructooligosaccharides.
Apa kegunaan zat tersebut? zat tersebut adalah karbohidrat nondigestif yang dapat menigkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

3. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Masalah kesehatan mental memanglah sedang marak dalam beberapa tahun ke belakang. Hal ini memiliki banyak penyebab baik internal maupun eksternal yang tidak dapat disamaratakan.

Dalam hal ini, buah pisang memiliki zat triptofan yang akan diubah dan diolah tubuh menjadi serotonin yang dapat mempengaruhi suasana hati. Selain merubah suasana hati, zat triptofan ini juga dapat memperbaiki pola tidur bagi kalian yang mengalami susah tidur yang berpengaruh juga dalam memperburuk depresi dengan kurangnya tidur dan istirahat.

4. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi buah pisang kepok ini hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Empat manfaat dan khasiat di atas udah cukup menggugah hasrat kalian buat banyak banyak dan sering sering mengonsumsi pisang kepok ini belum gaiss? Kalo udah, sekarang kita langsung aja menuju ke resep dan cara membuatnya ihiww kiwwww

Cara Bikin Olahan Pisang Kepok

1. Cara Bikin Olahan Pisang Kepok Pelangi

Bahan Bahan:

  • 10 buah pisang kepok tentunya
  • 45 gr mentega
  • 250 gr tepung terigu
  • Garam sejumput
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanil bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur yang udah dikocok
  • Air secukupnya

Cara Bikin Olahan Pisang Kepok Pelangi:

  1. Campurkan semua tepung, gula, garam, dan baking powder secara merata lalu aduk ulen dan perlahan jangan terlalu kencang
  2. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai agak sedikit lengket dan masukkan air lagi sampai adonan tidak lengket lagi dan jangan sampai melempem ya gaiss
  3. Diamkan adonan selama 20 sampai 25 menit di suhu yang stabil
  4. Aduk lagi adonannya dan pisahkan menjadi 3 bagian dengan warna berbeda lalu gilas tipis, bisa juga dengan alat pembuat mie lalu potong memanjang dengan ketebalan 1 cm pada masing masing warna tadi dan gabungkan ke semuanya
  5. Jika udah, nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan adonan tadi secara perlahan ke dalam minyak panas
  6. Setelah keliatan agak kecoklatan segera angkat dan tiriskan kemudian siap disajikan hihihi

2. Cara Bikin Pisang Kipas Kranchy

  • 8 buah pisang kapok
  • 50 gr gula pasir
  • 70 ml air
  • 45 gr tepung terigu
  • Tepung panir secukupnya
  • Sejumput garam

Cara Bikin Pisang Kipas Kranchy:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas semuanya lalu iris menjadi 3 sampai 5 bagian jangan sampai bawahnya lepas
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan air lalu aduk hingga merata
  3. Lumuri pisang yang udah diiris 3 sampai 5 bagian tadi dengan campuran tepung terigu dan tepung panir. Lumuri semuanya tanpa terkecuali
  4. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu hingga api panas
  5. Jika api udah panas, masukkan adonan pisang ke dalam wajan daln goreng hingga warnanya agak kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan minyak sampai benar benar garing lalu siap disajikan selagi hangat

3. Cara Bikin Pisang Nugget Topping Oatmeal

Bahan Bahan:

  • 50 gr quick oats
  • 100 gr pisang ambon yang ranum
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gr tepung terigu
  • 15 gr susu kental manis
  • 4 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke air

Cara Bikin Olahan Pisang Nugget Topping Oatmeal:

  1. Cuci bersih pisang dan kupas hingga bersih, kemudian masukan pisang tadi dengan semua bahan dengan blender hingga halus
  2. Kemudian kukus adonan tadi selama kurang lebih 15 menit
  3. Jika udah matang, biarkan dingin sebentar kemudian potong dan gulingkan pada larutan tepung terigu dan gulingkan lagi pada quick oats
  4. Setelah semuanya selesai dibalurkan dengan tepung dan quick oats, goreng dengan minyak panas sebentar saja
  5. Jika terlihat udah kecoklatan segera angkat dan tiriskan

Dari ketiga resep di atas sekiranya bagi kalian yang ingin membuka ide untuk terjun ke dunia usaha kuliner dengan bahan utama pisang kepok ini, mimin bakal bahas sedikit tentang peluang usaha dan bisnisnya.

Peluang Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Kalian tau sangpisang? ya kuliner olahan pisang milik anak dari presiden RI Joko Widodo ini yaitu mas Kaesang Pangarep ini tergolong sukses. Dengan berbagai campaign serta marketing yang epic serta juga dengan dukungan rasa sangpisang nya sendiri yang bikin lidah bergoyang adalah perpaduan dan duet combo yang tak bisa dipisahkan.

Begitupun jika emang kalian mau terjun ke dunia usaha ini, kalian harus bisa mengimbangi antara branding dan juga rasa yang sepadan. Kalian bisa gunakan konsep yang berbeda juga lho gais. Gunakan segala kreatifitas kalian dalam terjun ke dunia kuliner ini. Kalian bisa mulai dari memberikan tester kepada teman teman dekat kalian untuk bantu menilai seberapa lezat produk yang kalian buat. Selamat mencoba gaiss!!!