Pada kesmepatan ini saya akan membahas tentang cara bikin kebab doner asli turki anti lengket. Makanan satu ini juga coccok untuk sarapan ataupun bekal sekolah denganrasa yang sangat enak.

Kebab

Kebab adalah makanan cepat saji yang terdiri dengan daging sapi yang sudah dipanggang seperti dengan satai. Kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones, lalu dibalut dengan kulit tortila.

Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan laut tengah, masakan kaukasus, masakan asia tengah, masakan asia selatan, masakan asia tenggara, dan masakan beberapa negara di afrika.

Daging yang lebih sering dipakai untuk membuat kebab pada biasanya adalah daging domba dan juga daging sapi. Bahkan kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. kebab daging babi dikenal dalam masakan dinegara india, bulgaria dan beberapa lainnya.

Cara Bikin Kebab Doner

Bahan Bahan yang Dibutuhkan:

  • 5 lembar tortilla
  • 1 sendok teh margarin
  • 25 gr selada, iris tipis
  • 25 gr timun, iris tipis
  • 1 sendok teh saus tomat
  • 1 sendok makan mayones
  • 25 gr tomat, iris tipis

Bahan Daging:

  • 1/2 kg daging sapi, iris melintang serat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 100 cc yogurt
  • 3 buah cabai merah
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Bikin Kebab Doner:

  1. pukul-pukul daging sapi sampai terlalu agak melebar, lalu haluskan cabai merah, bawang putih, jahe, dan juga ketumbar. Campur daging sapi dengan bumbu halus, beri yogurt, garam, dan lada secukupnya. Diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah bumbu meresap, panggang hingga matang.
  2. Letakkan tortilla di atas piring, tata sayuran di tengahnya dengan bentuk memanjang.
  3.  tambahkan saus tomat dan saus sambal di atas sayuran, lalu ditambah daging kebab di atasnya, ratakan. Isi daging juga bisa diganti dengan daging sapi bumbu lada lo.
  4. Semprotkan mayones di atas daging, gulung, dan padatkan.
  5. Panaskan margarin, panggang kebab Turki hingga kecokelatan, angkat.

Sejarah Kebab:

Makanan yang berasal dari timur tengah ini menurut sejarahnya berasal dari turki. namun ada juga yang mengatakan bahwa berasal dari arab yang dikenal dengan kabbeh. Makanan khas ini mulai meluas ketika para pedagang turki mengadakan kontak dengan masyarakat kota berlin sekitar abad 18.

Dimana kebab disajikan juga dengan aneka roti dan salad. proses  pemanggangan daging kebab pun sudah mulai berkembang dari tradisional ke pola modern menggunakan pemanggangan elektrik maupun pemanggangan gas.

Saat ini kebab dijerman mampu menyaingi hamburger yang sudah lama mereka kenal. kali ini kebab telah merambah berbagai belahan dunia, eropa barat, eropa timur, amerika, kanada, australia, jepang, cina, malaysia, dan indonesia.

Makanan ini sudah tidak asing lagi buat mereka. mahasiswa dari ubekistan yang kuliah di Indonesia, akan langsung menunjuk kebab sebagai pilihan makanan ringan mereka tanpa bertanya-tanya lagi apa itu kebab.

Bahkan ketika melihat cara penyajiannya pun mereka tidak merasa heran kendati polanya berbeda dengan negara asalnya. cara penyajian pada kebab memang  antara satu negara dengan negara lain berbeda-beda.

Karena biasanya kebab ini diadaptasikan oleh kebiasaan setempat ataupun disesuaikan juga dengan kondisi masyarakatnya. diindonesia saat ini kebab mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan.

Menggunakan counter yang bergerak dari para penjaja menyajikan kebab dengan versinya masing-masing. biasanya menggunakan alat pemanggang atau burner yang ukurannya sudah dimodifikasi. lebih sedikit kecil dari pada ukuran aslinya.

Daging yang sudah giling dan juga berbumbu dipanggang dan dipotong tipis-tipis  dan disajikan dengan sayuran dan sauce yang dibungkus roti pita atau sejenisnya. sedangkan pada Kebab Crush Zone memilih pendekatan lain.

Lalu daging yang telah berbumbu dicetak dan dipotong memanjang dengan ukuran agak tebal. daging dipanggang dengan alat panggangan anti lengket dan disajikan dengan berbagai sayuran seperti, irisan timun, tomat dan berbagai sauce pilihan, serta dibungkus roti tortila khas meksiko.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara bikin kebab doner yang simple dan juga praktis. Semoga Bermanfaat!