Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Hello gaisssss, kembali lagi dan lagi ni bersama mimin kece yang kali ini mau berbagi tentang cara bikin asinan pepaya instan yang bakal bikin kalian menghemat pengeluaran karena dengan asinan buatan rumah ini diharapkan kalian bisa mengurangi tuk jajan jajan ngga penting dan juga bisa jadi tambahan uang saku atau jajan kalian kalo kalian mau menjadikannya bisnis.

Asinan pepaya sendiri udah dikenal sejak lama banget gais, mungkin dari sebelum mimin lahir deh kayaknya wkwkw. Buah pepaya sendiri memiliki berbagai kandungan yang ngga bisa dipungkiri untuk kebaikannya bagi tubuh kita. Kira kira apa aja tuh? simak pembahasannya di bawah ini!!

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

2. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

3. Mengandung Antioksidan

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

 

Lumayan juga ya gais manfaat dari buah pepaya ini bener bener bakalan bikin kita hidup lebih sehat tentunya juga. Apalagi kalo kita mengonsumsinya dengan olahan asinan yang tentunya ngga bakalan bikin kalian bosen. Penasaran gimana resep dan cara membuat manisan pepaya keringnya? cekidott!!!

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

1. Cara Bikin Asinan Pepaya Instan

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 1/4 kilogram gula batu
  • 1/4 kilogram gula pasir
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan:

  1. Seperti biasa kita cuci bersih pepaya mengkal lau kupas dan iris tipis sekitar 1/2 cm, kemudian rendam dalam air kapur sirih selama 6 jam
  2. Setelah direndam selama 6 jam, tiriskan pepaya dari air rendaman sirih lalu cuci bersih lagi dan tiriskan lagi
  3. Rebus air matang, gula pasir, garam dan gula batu hingga semuanya larut dalam rebusan tersebut kalian bisa ngintip resep es buah untuk jualan
  4. Jika semuanya udah larut, masukin pepaya tadi lalu aduk aduk perlahan
  5. Aduk hingga airnya menyusut dan terlihat meresap
  6. Kalo dirasa airnya udah mulai menyusut, angkat dan tiriskan serta pastikan benar benar adonannya tadi kering dan angkat ketika asinannya udah mulai dingin lalu jemur selama 2 sampai 3 hari

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Instan Tanpa Sirih

Bahan Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Bikin Asinan Pepaya Instan Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

Jadi gimana nih gaiss? dari ketiga resep di atas, mana yang bikin kalian tertantang buat nyobain? hahaha jangan bingung deh mending kalian cobain satu satu aja abis itu kasih tau mimin gimana hasilnya asinan buatan kalian terus nanti kita adu rasa hahaha. Pokoknya mainin kreatifitas kalian dan jangan lupa tetap selalu menjaga kesehatan kalian sesuai protokol yang dianjurkan pemerintah ya gaiss, selamat mencoba!!!