Cara Memasak Bumbu Rendang Jengko. Artikel kali ini saya akan membagikan resep cara memasak bumbu rendang jengkol. Jengkol adalah makanan yang mempunyai aroma yang tidak enak, meskipun aroma yang meneyengat jengkol juga enak di makan, di olah berbagai varian resep masakan yang enak. Kemarin saya sudah membagian artikel tentang bumbu rendang daging. kali ini, saya akan menggunakan jengkol yang di olah dengan mumbu rendang.

Cara Membuat Rendang Jengkol

Salah satu jenis olahan jengkol yang paling enak dan banyak diminati adalah rendang jengkol. Dengan menggunakan bumbu rendang jengkol akan terasa enak dan makin lezat dinikmati. Berikut resep rendang jengkol, mungkin bisa di coba.

rendang jengkol

Resep Rendang Jengkol:

Bahan-bahan:

  • 250 gram jengkol
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 4 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 200 ml santan cair
  • garam, gula, dan lada bubuk secukupnya
  • minyak dan air secukupnya

Langkah-langkah Membuat Rendang Jengkol:

  1. Geprek jengkol yang sudah empuk.
  2. Iris bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai merah besar, jahe dan kemiri. Haluskan dengan blender. Tambahkan sedikit air dan minyak, haluskan lagi sampai tercampura rata.
  3. Potong daun salam, serai, dan cabai rawit sesuai selera.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu sampai harum.
  5. Masukkan daun salam, serai, dan cabai rawit.
  6. Setelah bumbu matang, tambah air secukupnya.
  7. Masukkan jengkol, masak sampai mendidih.
  8. Tambahkan santan cair. Aduk rata.
  9. Tambahkan gula, garam, dan lada. Koreksi rasa.
  10. Masak hingga air agak surut. Angkat dan sajikan.

Manfaat  Jengkol Bagi Kesehatan

Jengkol memiliki rasa yang sangat nikmat tetapi masih banyak yang tidak ingin mengonsumsi jengkol karena memiliki efek bau yang sangat menyengat setelah memakannya.

Walaupun jengkol memiliki efek yang mengganggu, ternyata jengkol juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak mengandung karbohidrat, minyak astiri dan juga memiliki banyak sumber protein, vitamin A, vitamin B, kalsium, alkaloid, steroid, glikosida, dan saponin.

Semua kandungan yang terdapat pada jengkol tentu sangat bermanfaat bagi tubuh. Mau tau apa saja manfaat jengkol

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jengkol tidak hanya memiliki vitamin yg banyak tetapi juga memiliki banyak mengandung antioksidan yang sangat berkhasiat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas masuk dan melancarkan peredaran darah. Bagi Anda yang mengonsumsi jengkol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Anemia

Jengkol memiliki banyak kandungan zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah dalam darah. Cocok untuk Anda yang memiliki masalah anemia atau kekurangan darah mengonsumsi jengkol.

3. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang dimiliki jengkol sangat tinggi tentu hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, memakan jengkol dapat mengatasi lemak tubuh dan membakar energi tubuh.

4. Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Jengkol juga bermanfaat untuk Organ vital dalam tubuh akan jika jengkol di cerna dengan sempurna berfungsi sangat baik ketika asam folat dan vitamin B6. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jengkol hanya sesekali saja jangan berlebihan, agar janin yang dalam kandungan tetap berkembang dengan optimal.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Keuntungan lain jengkol adalah memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah dan mengontrol darah. Para penderita diabetes aman untuk mengonsumsi jengkol karna kadar gulanya rendah.

Itulan manfaat jengkol untuk kesehatan yang bisa kalian dapatkan setelah mengonsumsi jengkol. Namun, bagi para pecinta makanan yang diolah dari jengkol sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol terlalu banyak. Karena jengkol memiliki kandungan asam amino. Asam amino dalam jengkol mengandung racun sehingga untuk orang yang mengonsumsinya terlalu banyak akan mengalami keracunan.

Jadi, sebaiknya untuk bagi Anda para penikmat jengkol agar mengonsumsinya tidak berlebihan agar dapat memberikan kenikmatan dan mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba resepnya semoga ada manfaatnya:))