Budidaya jagung manis– Jagung manis merupakan salah satu jenis dari produk GMO (Genetic Modification Organism). Yang juga merupakan jenis jagung hibrida dengan keunggulan yang berbeda.

Keunggulan jagung manis yaitu teksturnya yang lembut, bijinya yang seragam, dan rasanya yang lebih manis dari pada jagung biasanya. Untuk produk jagung hibrida, tentu saja anda akan memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan anda jika melakukan budidaya jagung manis.

Sebelum anda melakukan budidaya jagung manis ini, sangat disarankan anda mencari pasar utama yang akan menampung produkjagung  anda. Karena pasar atau pembeli akan menentukan cara tanam yang dilakukan supaya memperoleh hasil yang baik. Hasil yang baik bukan hanya dinilai dari kualitas hasil panen saja, tetapi juga dari kuantitas yang ada.

Budidaya Jagung Manis- Jagung Untuk Konsumsi Pasar Lokal dan Regional

Budidaya Jagung Manis

Keperluan pasar local, biasanya terbatas pada jagung konsumsi dimana dibutuhkan jagung yang mempunyai bentuk yang seragam, serta rendemen atau bulir muda yang sangat penuh.

Kebutuhan ini biasanya digunakan untuk di konsumsi secara langsung, seperti pedagang sayur, jagung rebus, jagung bakar dan lainnya. Adapun juga, dibutuhkan jagung muda atau baby corn untuk masak tumis, dan keperluan masak yang lainnya.

Untuk pasar ini, anda dapat menggunakan pola tanam standar yang biasa anda lakukan, namun melakukan panen secara bertahap atau urut. Dalam budidaya jagung manis ini, pada label bibit biasanya akan tertulis jenis jagung yang mempunyai dua tongkol.

Namun pada kenyataannya seringkali terjadi di lapangan yaitu munculnya tongkol ketiga dalam satu batang. Anda dapat memanen tongkol ketiga untuk memenuhi pasar baby corn di wilayah anda.

Panen tongkol yang ketiga dalam budidaya jagung manis akan memberikan keuntungan berupa adanya pemasukan sebelum panen utama. Selain itu, panen tongkol ketiga juga akan membuat tongkol jagung pertama dan kedua tumbuh lebih baik lagi dengan bulir penuh.

Karena asupan nutrisi untuk tanaman hanya akan digunakan oleh dua tongkol saja. Jagung yang mempunyai postur dan tekstur yang seragam dan penuh tentu akan memiliki harga jual yang baik.

Jagung Untuk Memenuhi Permintaan Pabrik

Budidaya Jagung Manis

Pabrik yang membutuhkan pasukan jagung biasanya yaitu pabrik mie, pabrik maizena, dan juga pabrik gula jagung. Jika ada permintaan dari pabrik, sebaiknya perhatikan keinginan pabrik tersebut secara spesifik, apakah pabrik menginginkan jagung local atau jenis jagung manis hibrida.

Apabila jagung manis yang diinginkan, biasanya pihak pembeli pasti meminta jagung dengan kuantitas tertentu tanpa harus mempunyai bentuk yang seragam dan menarik karena akan digiling. Untuk keperluan tersebut, dalam budidaya jagung manis, anda tidak perlu untuk memanen tongkol jagung ketiga yang tumbuh.

Meskipun biasanya jagung tidak akan tumbuh sempurna, seperti ompong dan dengan ukuran yang tidak sesuai atau maksimal, namun akan mempunyai kuota berat yang lebih baik.

Anda juga harus meminta spesifikasi yang diinginkan oleh pabrik supaya anda dapat melakukan panen tepat waktu dan memperoleh hasil yang optimal. Untuk menjadi perhatian anda, pada budidaya jagung manis tidak hanya diperlukan bentuk dan juga ukuran yang baik.

Rasa manis dari jagung itu sendiri juga bisa menentukan kualitas dan harga jagung yang anda produksi di area pertanian anda. Rasa manis yang timbul biasanya dipengaruhi oleh pupuk yang anda digunakan.

Oleh sebab itu, anda harus waspada dan mengikuti petunjuk penggunaan pupuk seperti yang sudah tertera pada label yang ada pada kemasan benih jagung manis hibrida tersebut.

Demikian artikel tentang budidaya jagung manis. Apabila anda masih kebingungan anda dapat mengunjungi website cara budidaya jagung. sekian dan terima kasih.