Air kelapa tak hanya untuk ibu hamil muda akan tetapi bisa juga air kelapa untuk ibu menyusui . Manfaat air kelapa untuk ibu hamil muda tidak hanya untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan selama kehamilan.

Air kelapa tak hanya untuk ibu hamil muda akan tetapi bisa juga air kelapa untuk ibu menyusui

Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi satu sampai dua gelas air kelapa muda setiap harinya. Tapi ingat ya Bun, jangan air kelapa instan yang ada dalam kemasan atau kalengan.

Sebaiknya minumlah air kelapa murni dari buah kelapa muda yang masih segar, toh air kelapa muda (dugan) masih banyak tersedia di pasar-pasar atau toko buah bukan.

Air kelapa kemasan tidak dianjurkan karena kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya bagi kehamilan Bunda.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Muda

Jika banyak yang menganjurkan ibu hamil muda  untuk mengonsumsi air kelapa, maka sekarang kita akan mengetahui alasannya. Simak penjelasan di bawah ini :

1. Sebagai Antioksidan dan Elektrolit

Hamil muda identik dengan morning sickness. Beberapa Mama yang sedang hamil trimester ke-1 mudah merasakan mual dan muntah. Rasanya, makan ini salah, minum itu salah. Semua serba nggak enak!

Meski mual muntah saat hamil muda adalah hal wajar, jangan sampai tubuh Mama kekurangan cairan karenanya. Selain minum air putih, air kelapa juga berfungsi sebagai sumber elektrolit guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kandungan antioksidan dalam air kelapa juga bagus untuk menangkal radikal bebas menyusup dalam tubuh Mama. Jadi, sekalipun morning sickness kerap datang dan pergi, tubuh Mama tetap bisa fit berkat terjaganya asupan elektrolit tubuh.

2. Terhindar dari Dehidrasi

Ibu hamil memang mudah sekali haus. Bahkan, walau cuaca tidak terlalu panas, tetapi keringat selalu saja muncul. Mama jadi mudah kepanasan. Belum lagi kalau Mama harus bolak-balik ke toilet karena mual muntah.

Kandungan elektrolit air kelapa bisa mengganti cairan tubuh Mama secara cepat, sehingga Mama terhindar dari dehidrasi.

Apalagi, terdapat garam alami dalam air kelapa, seperti kalium, natrium, dan klorida. Air kelapa ini cocok untuk menggantikan kadar garam alami dalam tubuh agar Mama tidak cepat lelah.

3. Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih tergolong keluhan yang paling sering muncul di kalangan ibu hamil muda. Semua memang tidak lepas dari perubahan hormon dalam tubuh.

Ditambah, rahim juga kian membesar seiring pertambahan usia kehamilan Mama. Kondisi ini jelas memberikan tekanan lebih pada kandung kemih dan membuat Mama nggak nyaman.

Air kelapa rupanya juga bermanfaat sebagai diuretik alami. Mama yang sedang mengalami hamil muda jadi lebih mudah berkemih dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Memperlancar Sirkulasi Darah

Mama sering mengeluh tubuh terasa nyeri dan pegal saat hamil? Bisa jadi hal ini disebabkan sistem sirkulasi darah yang kurang optimal. Risikonya, suplai oksigen ke janin bisa berkurang. Mama bisa mengatasinya dengan minum air kelapa.

Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa membantu darah di jantung terpompa ke seluruh tubuh. Selain itu, kalium juga bertugas dalam mendukung pergerakan otot, membantu kerja ginjal untuk menyaring darah, dan menghantarkan sinyal saraf.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tadi sudah disebutkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan. Bersama kandungan vitamin dan mineral, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ibu hamil muda perlu mengonsumsi air kelapa guna melindungi diri dan janin dari risiko berbagai jenis penyakit. Dengan kandungan asam laurat yang tinggi pada air kelapa juga berfungsi menghasilkan monolaurin, yang bertugas sebagai antibakteri dan antivirus dalam tubuh.

Itulah 5 manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil muda. Namun, Mama sebaiknya memilih air kelapa asli. Imbangi juga dengan minum air putih seperti biasa.