Selain untuk belanja, sebenarnya kita juga masih bergantung pada kantong plastik untuk banyaknya keperluan lain, seperti untuk  menampung sampah, menyimpan makanan sisa, serta mengemas makanan dan minuman.Pengganti kantong plastik dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu, mari kita  untuk mulai lebih  sayang dan peduli terhadap bumi dengan mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke produk lain yang lebih ramah lingkungan!

Berikut ini adalah 6 alternatif untuk  pengganti kantong plastik :

pengganti kantong plastik

  1. Cassava Bag, Tas Dari Singkong Untuk Menggantikan Kantong Plastik.

Plastik yang satu ini wujudnya hamper mirip sekali dengan kantong plastik, tetapi memiliki tekstur yang lebih lemas dan lembut. Cassava bag terbuat dari resin alami yang terdiri dari 98 persen pati tapioka, 1 persen minyak nabati, dan 1 persen biopolimer alami yang dapat terurai oleh alam dan dapat dikonsumsi oleh mikroorganisme dalam tanah.

Cassava bag dapat menjadi alternatif untuk  pengganti kantong plastic yang lebih ramah lingkungan. Saat ini sudah banyak orang  yang menjual cassava bag   dalam berbagai ukuran. Harganya mulai dari Rp2.500 per buah.

 

  1. Tas Kanvas, Untuk Belanja Makanan.

Kamu pasti mempunyai setidaknya satu tas kanvas di rumah, ‘kan? Tas kanvas atau yang lebih akrab disebut tote bag ini adalah alternatif untuk pengganti kantong plastik yang paling mudah dan paling bergaya. Sekarang banyak yang menjual tas kanvas dengan desain bagus, sehingga kamu bisa tampak lebih  keren saat belanja ke supermarket atau pasar. Selain itu, banyak acara atau seminar yang memberikan goodie bag yang berbahan kanvas yang bisa kamu pakai berulang-ulang. Beberapa material tas kanvas antara lain; blacu, ripstop, marsoto, dan terpal. Tas kanvas berbahan blacu adalah yang paling tipis dan tidak terlalu kuat untuk membawa barang dengan beban berat. Sebaliknya, tas kanvas bebahan terpal sangat tebal dan tahan air ehingga awet untuk pemakaianya.

Idealnya, tas kanvas ini bisa kamu gunakan sebagai pengganti kantong plastik saat belanja kebutuhan rumah, buku, makanan, atau benda lainnya yang kering atau dikemas rapat.

 

  1. Tas Dari Jaring Katun, Sebagai Pengganti Kantong Plastik Untuk Belanja Sayur dan Buah.

 

Setiap akan belanja sayur atau buah di supermarket, pasti kita harus menimbang terlebih dulu buahnya, ‘kan? Biasanya, supermarket hanya menyediakan kantong plastik bening sekali pakai untuk membungkus buah atau sayur tersebut sebelum ditimbang. Nah, mulai sekarang kita bisa menghentikan kebiasaan itu dengan membawa tas jaring atau produce bag yang terbuat dari katun. Kalau sudah kotor atau berbau, tas jaring katun ini bisa dicuci dan dapat dipakai berulang kali, lho.

Harga untuk satu set tas jaring katun untuk belanja sayur dan buah ini mulai dari Rp130.000 yang terdiri dari tiga variasi tas berukuran kecil, sedang, dan besar. Tinggal dipilih sesuai keperluan kamu!

 

  1. Kotak Makan Untuk Membeli Makan Siang di Kantor.

 

Sadar nggak, sih, kalau penggunaan kantong plastik yang sering tak terhindarkan adalah saat mau membeli makanan di kantor? Beli mie ayam, dibungkus dengan styrofoam lalu dibungkus plastik. Pengin jusjambu? Bertambah lagi pemakaian plastiknya. Sekali makan siang saja, kamu akan menghasilkan setidaknya 1-3 helai sampah plastik.

Yuk, mulai tinggalkan kebiasan menggunakan  kantong plastik yang cuma akan kamu pakai 10 menit saja (untuk bawa makanan dari penjual ke kantor). Untuk alternatif pengganti kantong plastik dan styrofoam yang paling bagus tentu adalah membawa kotak makanan dari rumah. Sekarang sudah banyak kotak makan yang ramah lingkungan untuk mengganti kantong plastik. Beberapa yang patut dilirik adalah kotak makan lipat (collapsible) yang berbahan silikon dan kotak makan berbahan stainless steel.

Mulai tergerak untuk mengganti kantong plastik dengan kotak makan? Bisa mulai cari-cari dari sekarang. Untuk perkiraan, harga satu kotak makan lipat atau collapsible lunch box mulai dari Rp70.000, sedangkan  untuk kotak makan stainless steel mulai dari Rp130.000.

 

  1. Silicone Ziplock Pouch, Pengganti Plastik untuk menyimpan makanan Yang berkuah

 

Kalau kamu suka menyimpan daging, sayur atau sisa makanan dengan kantong plastik, sekarang mungkin kamu juga bisa pertimbangkan untuk beralih ke silicone ziplock pouch. Wadah makanan ini berbentuk dompet berbahan silikon ini dapat dicuci dan dipakai berulang ulang. Silicone ziplock pouch bisa kamu pakai untuk menyimpan makanan berkuah, berdaging, di kulkas atau freezer. Kunci ziplock-nya memastikan kalau kuah di dalamnya tidak akan bocor atau tumpah.

 

 

  1. Tas Karung Goni Sebagai pengganti Tas Plastik Belanja Kebutuhan Bulanan

 

Kalau tas karung goni saja bisa kamu jadikan untuk  andalan saat mau belanja bulanan yang jumlahnya banyak. Selain itu, seratnya juga dapat didaur ulang  kembali.

Tidak hanya untuk pemakaiannya saja yang ramah lingkungan. Untuk proses budidaya rami atau goni juga sangat ramah lingkungan, lho. Tanaman rami dapat ditaman tanpa perlu menggunakan pestisida atau pupuk. Jika memang perlu, kebutuhannya hanya sangat sedikit. Goni juga dapat dipanen dalam waktu 6 bulan sekali sehingga sangat efisien dan tidak perlu lahan banyak sehingga harus merambah hutan. Saking ramah lingkungannya, saat ini sejumlah resort sudah menyediakan jute bag yang dapat dipakai oleh tamu selama menginap.

Harga tas karung goni cukup bervariasi, tergantung ukuran dan motifnya, tapi kamu juga bisa membelinya mulai dari harga Rp30.000 saja.

Sekian dari saya mohn maaf bila ada kekurangan dan sampai jumpa lagi.